WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?

Investasi Apartemen

Properti Favorit Generasi Milenial
December 5, 2017
10 Tips Beli Apartemen sebagai Hunian
February 1, 2018

Tower Apartemen Emerald Bintaro | Jakarta | Indonesia

Apartemen dapat menjadi instrumen investasi sangat menjanjikan, dengan catatan pilihan yang dibidik memang tepat. Berbeda dengan rumah yang harga tanahnya cenderung terus naik sedangkan nilai bangunannya menyusut, nilai apartemen bergantung pada permintaan pasar.

 

Agar mendapat imbal balik menguntungkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berinvestasi pada hunian vertikal, seperti apartemen. Simak berikut ini:

 

#1 Lokasi Penentu Permintaan

Lokasi prospektif tetap menjadi syarat utama saat membidik apartemen, baik untuk tempat tinggal maupun investasi. Pastikan akses menuju lokasi cukup mudah dan fasilitas di sekitar apartemen cukup lengkap untuk pemenuhan kebutuhan harian, Lokasi yang strategis dengan kemudahan akses akan menjadi nilai tambah investasi. Apalagi jika investasi di lokasi premium, dekat dengan pusat bisnis, dan fasilias-fasilitas utama lain.

 

#2 Lihat Siapa Pengembangnya

Meskipun pasar investasi apartemen sedang bergairah, ada baiknya jangan mudah tergiur membeli unit apartemen dengan jumlah banyak dari pengembang. Perhatikan performa pengembang yang dibidik. Hal ini karena investasi yang Anda keluarkan tidak bernilai kecil.

Cari tahu mengenai reputasi mereka. Cara mudahnya, lihat jaringan yang telah dibangun oleh mereka. Pengelola dengan reputasi baik biasanya mempunyai jaminan kesuksesan memasarkan apartemen dan menaikkan nilai investasi di masa depan.

 

#3 Buruan Beli Sebelum Launching

Harga apartemen yang ditawarkan akan jauh lebih rendah karena suatu proyek apartemen yang ditawarkan masih berupa konsep. Calon investor dapat mengambil peluang ini. Hal ini bermaksud untuk membantu cash-flow dari pengembang dan meningkatkan rasa percaya konsumen akan suatu proyek. Saat masa pemasaran tiba, investor akan diuntungkan dengan harga yang semakin meningkat.

 

#4 Tren Kenaikan harga

Faktor kenaikan harga jangan dikesampingkan. Pembeli wajib mengetahui kapan apartemen tersebut dimulai dibangun dan kisaran harga awal hingga sampai waktu pembeli berkunjung ke apartemen tersebut. Cek berapa persen kenaikan harga unit apartemen tersebut dalam kurun waktu tertentu. Apartemen murah menjadi salah satu instrumen investasi yang menggiurkan kok.

 

#5 Status lahan

Jeli mencari kebenaran atas status lahan apartemen yang diincar. Apartemen yang tepat dijadikan untuk berinvestasi adalah apartemen dengan lahan yang sudah menjadi hak milik pengembang, bukan lahan yang masih status Build, Operate, Transfer (BOT).

BOT merupakan upaya pemanfaatan aset milik negara atau daerah berupa tanah yang pemanfaatannya dilimpahkan kepada pihak lain atau swasta selama jangka waktu tertentu. Pihak swasta memperoleh hak konsensi (hak mengelola lahan dan bangunan) dan pemerintah mendapatkan royalti atas pemakaian asetnya.

Kelemahan status BOT, yaitu pada saat habis masa penggunaan oleh pihak swasta, tanah dan bangunan yang dibangun swasta di atas tanah tersebut harus dikembalikan atau diserahkan kepada pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Jadi jangan sampai, konsumen harus gigit jari karena sekian juta melayang hanya karena tidak jeli memastikan status lahan. (dari berbagai sumber)

Comments are closed.