WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
ūüĎč Hi, how can I help?

Properti Favorit Generasi Milenial

Apartemen Emerald Bintaro Rilis Tipe Platinum Series
November 25, 2017
Investasi Apartemen
January 30, 2018

Berdasarkan hasil survei CBRE Global Research (www.cbre.com) yang dirilis Oktober 2016, menunjukkan hasil mengejutkan. Yakni, sebanyak  63% dari 13.000 koresponden generasi milenial yang ada di lima negara Asia Pasifik seperti China, Jepang, Australia, Hong Kong, dan India ternyata lebih memilih tinggal bersama orang tua mereka. Sisanya, hanya 23% anak generasi milenial yang menyewa hunian sendiri, 11% memutuskan membeli properti sendiri, dan 3% mengaku tinggal di rumah dinas.

Ada pun faktor yang mendasari fenomena ini di antaranya adalah karena tingginya harga properti, terutama aspek uang muka. Sebab generasi milineial lebih memilih menghabiskan seperempat penghasilannya untuk liburan dan berbelanja. Bahkan, frekuensi liburan mereka cukup sering, rata-rata 7-9 hari per bulan.

Mereka juga beralasan loyalitas terhadap pekerjaan karena pertimbangan jarak tempuh menuju tempat kerja, sehingga tidak ingin bersusah payah mencari lokasi lain untuk tempat tinggal. Mereka merasa nyaman dengan fasilitas dan lingkungan tempat tinggal awal (rumah orang tua) yang dapat menunjang proses pekerjaan mereka.

Kondisi sama juga dialami anak muda di Indonesia yang dikenal dengan sebutan kids zaman now. Sebenarnya, selain cenderung menghabiskan penghasilan untuk liburan, beli gadget terbaru, dan otomotif, generasi milenial yang punya penghasilan lumayan juga menginginkan memiliki properti sendiri sebagai satu bentuk idealisme kemandirian mereka.

General Manager Product Development PT Jaya Real Property Tbk Arum Prasasti mengatakan, generasi milenial sangat detil dan teliti serta hati-hati dalam memutuskan membeli properti. Generasi milenial tidak begitu mempersoalkan luas tanah atau bangunan, apakah rumah tapak atau vertikal (apartemen) sebagai pertimbangan untuk membeli properti.

‚ÄúMereka lebih memilih lokasi properti yang dekat dengan kantor tempat bekerja atau aktivitas bisnisnya. Kemudian fasilitas di hunian itu lengkap dan sama nyamannya dengan rumah orang tuanya yang selama ini ditempatinya,‚ÄĚ kata Arum saat bincang dengan media massa di Bintaro Jaya, Selasa (21/11).

Ada pun bentuk properti yang digemari generasi milenial di antaranya yakni berukuran kecil dengan tipe 27-36, bisa berupa apartemen atau rumah minimalis. Hunian juga harus dilengkapi akses internet yang bagus mengingat mereka sangat gadget minded.

Generasi milenial merupakan kelompok umur produktif yang aktif dan memiliki mobilitas tinggi. Tak heran jika kelompok ini memilih untuk hunian dengan akses transportasi yang baik. Msalnya dekat stasiun KRL, halte TransJakarta, dan jalan tol.

Selain itu, generasi milenial juga sangat cernat dalam hal budget. Mereka mengincar rumah dengan harga mulai dari Rp 300 juta hingga Rp 500 juta. Harga ini dianggap masih terjangkau dengan rata-rata penghasilan bulanan mereka.

Atas dasar fenomena di atas tadi maka kini banyak pengembang properti menawarkan apartemen dengan harga terjangkau, menyasar pasar generasi milenial ini. Salah satunya adalah PT Jaya Real Property Tbk yang telah sukses membangun kawasan Bintaro menjadi kawasan satelit Jakarta.

Pengembang yang tercatat sebagai anggota pertama Real Estate Indonesia (REI) dan berkiprah selama 38 tahun di dunia properti ini, pada Sabtu 25 November 2017 akan meluncurkan salah satu hunian vertikal unggulannya yakni, Apartemen Emerald Bintaro Tipe Platinum Series.

Business Head Apartemen Emerald Bintaro Novel Fauzi, mengatakan, Bintaro Jaya mengembangkan Apartemen Emerald Bintaro di kawasan seluas 2,9 hektare. Di dalam kawasan ini rencananya akan dikembangkan tujuh tower.

‚ÄúTower pertama terjual habis dalam waktu satu hari. Hal tersebut turut menular pada Tower B yang turut menunjukkan angka penjualan yang membanggakan,‚ÄĚ kata Novel.

Di dalam kawasan tersebut, akan tersedia beberapa fasilitas untuk memenuhi kebutuhan penghuni, antara lain, kolam renang, gedung parkir, jogging track, taman bermain anak, minimarket, laundry, dan sistem keamanan 24 jam.

Ada pun tower pertama dan kedua menjulang setinggi 24 lantai. Terdiri atas 598 unit tiap towernya. Saat ini, progres pembangunan Tower A sudah mencapai Lantai 12 dan rencananya proses serahterima unit akan dimulai pada tahun 2019.

‚ÄúFaktor lokasi menjadi keunggulan utama dari Apartemen Emerald Bintaro yang berlokasi di sebelah British School Jakarta, terintegrasi dengan Boulevard Bintaro Jaya dan area komersial Bintaro Jaya,‚ÄĚ pungkas Novel.

Apartemen ini tampaknya mengincar pasar generasi milenial yang selama ini sudah nyaman tinggal di rumah orang tuanya di kawasan Bintaro Jaya. Hal ini sejalan dengan karakteristik generasi milenial yang masih ingin dekat dengan lingkungan orang tuanya sesuai hasil survei CBRE Global Research. (*)

 

Penulis           : Nuriwan Tri Hendrawan

Media             : Koran Sindo

Comments are closed.